ORGANIZATION

Organisasi berasal dari kata organon
yang menurut bahasa Yunani berarti alat. Organisasi pada dasarnya
digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul,
bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi,
terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya organisasi
yaitu seperti uang, material, mesin, metode, lingkungan,
sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang dipergunakan secara
efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Dalam membangun suatu organisasi hal yang paling utama adalah adanya
loyalitas. Seberapa orang atau cari orang yang mempunyai tingkat
militansinya tinggi. Suatu organisasi akan terus maju bila ada orang
yang bekerja sama di dalamnya secara kompak. Mereka yang memiliki
kemampuan yang berbeda namun mempunyai tujuan yang sama. Mereka loyal
terhadap organisasi dan Sang Founding Father yang memimpinnya.
Dengan hanya beberapa orang saja yang loyal suatu organisasi akan selalu
ada dan terus maju. Keragaman kemampuan menjadi modal selanjutnya untuk
terus membangun organisasi lebih maju lagi. Bagi seorang pemimpin sudah
menjadi tugasnya dalam mengetahui dan memilah-milah kemampuan
anggotanya sehingga dapat menempatkan para anggotanya sesuai dengan
keahlian masing-masing.
Melihat orang Indonesia yang cenderung humoris jangan buat suatu
organisasi yang kita pimpin terlalu seurius sehingga suasana organisasi
terlihat mencekam, para anggota menjadi merasa tertekan akan
aturan-aturan yang berlaku. Buatlah santai, seakan-akan para anggota
tidak merasa sedang berorganisasi. Artinya para anggota tidak merasa
disibukan oleh organisasi yang sedang dijalaninya.
Baca Juga : Obat Azoospermia Sperma Kosong
Organisasi yang mengalir akan membuat para anggotanya merasa senang
karena mereka hanya di tuntut kesediannya dalam membangun suatu
organisasi sesuai dengan keadaan hati mereka. Tidak ada paksaan,
sehingga mereka dapat dengan ikhlas menjalaninya.
Sebagai seorang pemimpin (Founding Father) harus mampu membangun suatu
organisasi yang berasal dari hati nurani. Sehingga keikhlasan selalu
menyertainya dan dengan sendirinya para anggota akan sadar akan
kedudukannya masing-masing yang telah di embankan oleh seorang pemimpin.
Selanjutnya tugas, fungsi dan peran mereka akan di jalaninya tanpa
harus ada perintah yang bersifat memaksa.
Dengan begitu kita dapat menyimpulkan beberapa tahap yang harus di
lakukan dalam membangun suatu organisasi. Dimulai dari adanya loyalitas,
pembagian tugas yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan
menjalani organisasi secara santai (tidak ada paksaan) dengan harapan
suatu organisasi bisa dapat di bangun berdasarkan keikhlasan dari para
anggotanya. Kemudian peliharalah dengan baik organisasi itu dan semoga
sukses.
Hal-hal yang menunjang organisasi bisa di katakan baik atau sukses adalah :
- Kepemimpinan, tanpa adanya pemimpinan yang punya sikap tanggap, tegas, tanggung jawab, kemampuan yang lebih, dan konsisten dengan tanggung jawab. sebuah organisasi tidak akan bisa maju dan baik.
- Anggota atau pengurus di masing-masing program, jika kepengurusan tidak bisa menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik organisasi juga tidak akan maju atau konsisten.
- Tempat atau kantor, sebuah organisasi yang baik juga di tunjukan dengan adanya sebuah kantor atau tempat ¨punya kantor¨.
- Jaringan, ini juga termasuk salah satu yang menunjang organisasi itu di katakan baik, banyaknya jaringan yang di bangun ini semakin menunjukan organisasi itu bisa di katakan organisasi yang baik atau maju.
- Komunikasi dalam organisasi, jika dalam satu ruang organisasi tidak ada komunikasi yang baik, bahkan tidak ada keterbukaan dalam satu ruang yang beda pemikiran juga beda tujuan. sehingga tidak ada penyelesaian atau jalan keluar untuk memecahkan suatu masalah. organisasi itu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan hasilnya juga tidak maksimal.
- Managemen, organisasi yang baik managemennya juga harus baik, tersusun dengan rapi dan terorganisir dengan baik.
- Budaya dalam keorganisasian, yang di maksud dengan budaya disini adalah kebiasaan-kebiasaan yang ada dalam organisasi. entah itu kebiasaan yang baik atau kebiasaan yang tidak baik, seperti tidak ada keseriusan dalam menjalankan tugas, mengabaikan waktu yang sudah menjadi kesepakatan ¨tidak tepat waktu¨, tidur di waktu jam kerja, dan lain-lainnya.
BERIKUT ADALAH TIPS CARA MEMBUAT ORGANISASI YANG BERHASIL.
· Yang pertama
harus dimiliki suatu organisasi adalah milai dan visi, nilai dan visi
adalah suatu tujuan yang akan digunakan sebagai target yang harus
dicapai oleh suatu organisasi. Jika nilai organisasi tidak ada
makaorganisasi itu akan rusak, karna tidak memiliki tujuan yang jelas.
· Yang kedua adalah
misi , misi adalah hal-hal yang harus di lakukan untuk mencapai suatu
visi ( tujuan ). Tanpa ada misi yang jelas maka visi tidak akan pernah
tercapai, maka dari itu visi dan misi sangat berkaitan satu sama lain.
Jika tidak memiliki misi maka organisasi tidak akan pernah mencapai visi
yang diinginkan.
· Yang ketiga
adalah aturan, aturan adalah batasan-batasan yang harus dimiliki
organisasi. Jika suatu organisasi memiliki aturan yang jelas maka bisa
terjadi penyimpangan yg dapat merugikan.
· Yang keempat adalah profesionalisme, profesionalisme adalah bagaimana cara organisasi itu bertindak.
· Yang kelima adalah insentif, insentif adalah bonus atau hadiah.
· Yang keenam adalah sumber daya, Jika suatu organisasi kehilangan sumber daya maka organisasi tersebut tidak akan bisa bergerak dengan baik.
· Yang ketujuh adalah rencana kerja, rencana kerja merupakan susunan kegiatan yang akan dilakukan oleh suatu organisasisumber :
http://dheaandraa.blogspot.co.id/2013/05/cara-berorganisasi-yang-baik.html http://wwwbandatriadeballads.blogspot.co.id/2016/08/bagaimana-cara-mengelola-organisasi.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar